Minggu, 30 Maret 2014

MODEL APLIKASI RAPOR SMK

Mengentri nilai rapor hasil belajar siswa secara terkomputerisasi merupakan momok bagi sebagian wali kelas yang kurang familiar atau sederhananya gaptek. Beberapa guru "tua" yang menolak untuk ditugaskan sebagai wali kelas beralasan salah satunya adalah masalah rapor tadi.  Secara kebetulan saya ditugaskan oleh kepala sekolah kami untuk membantu waka kurikulum untuk mengatasi masalah tersebut dalam tim kurikulum. Berbekal pengetahuan excel sederhana plus browsing sana browsing sini sekalian belajar makro dan vba maka jadilah aplikasi rapor smk yang kami gunakan selama ini. Aplikasi tersebut ditujukan untuk menyederhanakan tugas wali kelas dalam mengentri dan sekaligus mencetak nilai rapor. Bahkan leger (rekap nilai) juga sudah ada. Namun saya sendiri sadar bahwa aplikasi ini belum sempurna benar terutama dalam mencatatkan nilai remedial. Singkatnya, jika tertarik dapat di-klik link di bawah ini :

http://downloads.ziddu.com/download/23654076/aplikasiraporsmk.rar.html

cara download :
1. klik link di atas
2. pada halaman pertama, klik menu download yang bawah (jangan yang di atas sejajar dengan tulisan high speed download with NCdown).
3.Pada halaman kedua setelah langkah kedua dilakukan, langkahnya juga sama jangan klik menu yang sejajar dengan high speed download with NCdown tapi yang bagian bawah.
   Jangan lupa untuk menuliskan verification code yang tampak di sebelah kanannya. Pastikan juga untuk menghilangkan checklist pada checkbox "Download with ziddu accelerator and get recommended offers." dengan meng-klik check boxnya. Lalu klik menu download di bawahnya.

Gambaran singkat aplikasi tersebut (juga ada disertakan dalam link file) adalah sebagai berikut :


-       Agar aplikasi Rapor dapat berjalan enable-kan makronya terlebih dahulu (panduan ada di halaman terakhir)

-       Panel Menu menyediakan tombol penjelajahan ke bagian-bagian yang ada di dalamnya misalnya database ganjil, database genap, rapor depan ganjil dan lain-lain.
-       Lembar Kerja adalah halaman yang menampung data dan tombol perintah / eksekusi pekerjaan pengolah data.
-       Klik tanda (X) pada menu untuk mengaktivasi dan bekerja pada setiap lembar kerja yang diinginkan.

ASPEK PENGESAHAN
1.       Yang paling utama harus disesuaikan adalah aspek pengesahan terutama Nama dan NIP Wali Kelas. Sedang yang lain-lain saat ini sudah disesuaikan kebutuhan ( tidak perlu dirubah ) kecuali jika kondisi yang lain berbeda ke depannya.
2.       Aplikasi rapor ini diperuntukkan untuk menampung database nilai semester ganjil dan semester genap. Oleh karena itu, tanggal pemberian rapor ditulis masing-masing. Jika nanti tanggal semester genap berubah hendaknya disesuaikan.
3.       Jika sudah selesai dan benar, klik MENU untuk memanggil panel MENU.

TOMBOL DATABASE
1.       DATABASE adalah kumpulan komponen pembentuk bagian depan, bagian belakang rapor , dan leger semester ganjil. Karena itu DATABASE ini tidak boleh salah.
2.       Klik tombol DATABASE GANJIL atau DATABASE GENAP dan klik tanda (X) pada panel MENU untuk menuju dan mengaktivasi lembar DATABASE dari semester yang diinginkan.
3.       Bagian yang harus disesuaikan pada bagian ini adalah :
a.       NAMA PELAJARAN
b.      IDENTITAS SISWA baik NIS / NISN dan NAMA
c.       NILAI dari setiap pelajaran dan setiap siswa
4.       TOMBOL-TOMBOL yang ada pada lembaran DATABASE adalah sebagai berikut :
a.       Tombol KETIK PELAJARAN MUDAH fungsinya untuk menuliskan nama pelajaran dengan arah horisontal yang lebih mudah dari pada menulis searah vertikal seperti penulisan pada kolom database. Jika sudah ditulis dengan benar nama pelajaran dan KKM-nya serta nama ekskul pada lembaran penulisan mudah klik :
·   Tombol YA untuk mengupdate nama pelajaran dan KKM-nya serta nama ekskul ke DATABASE.
·   Tombol TIDAK untuk kembali ke DATABASE tanpa meng-update apapun.
b.      Tombol INPUT MUDAH fungsinya untuk mempermudah menginput nama siswa dan nilai dari setiap pelajaran.
·   Nama Siswa cukup diinput sekali. Bisa dengan meng-kopi dari file lain dan paste-kan di lembar ini. Jika sudah benar dan lengkap, klik tombol INPUT / UPDATE IDENTITAS SISWA. Sebenarnya pengetikan nama juga dapat dilakukan di lembaran DATABASE, cuma melalui lembaran ini NIS dan NISN dapat digabung dengan mudah
·  
Pilih Aspek Nilai dengan mengklik sel di bawah ini dan tanda panah
Kemudahan penilaian siswa juga dapat dirasakan melalui lembaran INPUT MUDAH, caranya :

1)      Klik Sel kosong di bawah bagian ini :

2)      Jika timbul tanda panah ke bawah, klik tanda panahnya dan pilih pelajaran, ekskul atau aspek penilaian lainnya seperti aspek kelakuan dan kehadiran yang akan diisi nilai / angkanya per siswa.
3)      Jika pada database nilainya masih kosong, maka nilainya akan berupa angka 0.
4)      Isi dan tekan enter / tombol tanda panah bawah di keyboard untuk pindah dan mengisi nilai siswa lainnya.
5)      Jika sudah lengkap klik tombol INPUT / UPDATE NILAI SISWA.

PERHATIAN : KHUSUS untuk EKSKUL, ASPEK ALASAN KETIDAK HADIRAN dan ASPEK KELAKUAN sebaiknya pengisiannya seperti berikut :
·      EKSKUL : jika ada nilainya diberi nilai angka seperti 60, 70 dsb.
·      SAKIT, IJIN, TANPA KETERANGAN : jika ada diberi angka hari misalnya 1, 2, 10, dsb, dan jika tidak diberi tanda hubung (-).
·      ASPEK KEPRIBADIAN (misalnya kelakuan, kerajinan) diberi nilai huruf A, B, C
c.       Tombol SUSUN DAFTAR MENURUT PERINGKAT fungsinya untuk mempermudah penentuan ranking. Tombol ini akan mengurutkan siswa berdasarkan urutan jumlah nilai secara otomotis. Namun pada kenyataannya, beberapa siswa ada yang jumlah nilainya sama. Untuk itu perlu penanganan manual bagi menentukan peringkat dari dua atau tiga siswa pada peringkat yang sama. Caranya :
1)    Setelah diurutkan secara otomatis, jika ditemukan ada angka peringkat yang berwarna merah berarti ada dua atau lebih siswa pada peringkat yang sama.
2)    Ketik angka setingkat lebih tinggi dari peringkat yang sama tersebut untuk siswa yang diinginkan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh wali kelas.
3)    Sesaat setelah dirubah, dan tidak ada lagi yang sama, maka teksnya akan kembali normal.
4)    Untuk memastikan kebenaran urutan rangking, disarankan menekan tombol SUSUN DAFTAR MENURUT PERINGKAT.
5)    Selanjutnya jika ingin mengembalikan kembali sesuai urutan abjad nama klik tombol SUSUN DAFTAR MENURUT ABJAD NAMA.
d.      Tombol MENU untuk memanggil panel MENU.

TOMBOL RAPOR DEPAN
1.       Rapor depan memaparkan nilai tiap mata pelajaran siswa.
2.       Klik tombol RAPOR DEPAN GANJIL atau RAPOR DEPAN GENAP dan klik tanda (X) pada panel MENU untuk menuju dan mengaktivasi lembar RAPOR DEPAN dari semester yang diinginkan.
3.       Pengaktifan lembar ini sudah diberi perintah otomatis baik perintah pemasukan mata pelajaran serta pengaturan baris khususnya baris pelajaran produktif. Akibatnya ketika dipanggil, ada beberapa aksi perintah yang tampak berjalan. Tunggu proses tersebut sehingga selesai(dalam beberapa detik).
4.       Lembar ini adalah merupakan output. Wali kelas tidak boleh mengetik atau merubah apapun. Wali kelas hanya bisa menjelajah nilai siswa dan mencetak.
5.       Untuk memudahkan pencetakan disediakan tombol :
·      CETAK RAPOR SAAT INI : hanya mencetak 1 lembar rapor yang terlihat
·      CETAK SELURUH RAPOR BERDASARKAN ABJAD
·      CETAK SELURUH RAPOR BERDASARKAN PERINGKAT
·      CETAK BEBERAPA RAPOR (jika terjadi kehabisan tinta pada pencetakan lembar-lembar rapor terakhir) tapi harus diketik dulu sel isian SISWA AWAL dan SISWA akhir yang rapornya harus dicetak ulang.
5.        
TOMBOL RAPOR BELAKANG
1.    Rapor belakang memaparkan nilai aspek pendukung dan keterangan lain dari  hasil belajar siswa.
2.    Cara memanggil dan mencetaknya sama dengan RAPOR DEPAN.

PERHATIAN : BAIK RAPOR DEPAN MAUPUN RAPOR BELAKANG DICETAK DENGAN KERTAS HVS UKURAN A4 (BERAT 80 GRAM), kalau dicetak secara menyeluruh tercetak dari lembar siswa terakhir ke siswa terdepan.


TOMBOL LEGER
1.  LEGER merupakan rekapitulasi nilai siswa.
2.  PENCETAKANNYA membutuhkan kertas ukuran Folio atau F4.
3.  Pengaturan ukuran kolom dan baris serta halaman sudah secara otomatis, wali kelas cukup menekan tombol CETAK.

3 komentar:

bahasakita mengatakan...

Silakan dicoba aplikasi ini
heeningsoft.net/promo

Obed Buitlena mengatakan...

selamat siang, saya tertarik dengan aplikasi ini tapi tidak mendowloadnya. kalo boleh tolong kirim kan aplikasinya ke email saya : obednegobuitlena@yahoo.co.id. terimakasih..

Unknown mengatakan...

salam kenal,
saya tertarik sekali dengan aplikasi yang bapak buat, seandainya bisa saya terapkan di koperasi yang sedang kami bina. mohon kiranya bapak sudi untuk mengirimkan aplikasi ini kepada saya. semoga akan tercatat sebagai amal ibadah.

tks.
imam
emai. kokajijakarta@gmail.com